July 2

Piknik ke Gunung Halimun

kringggggg …. kringggggg …. kringggggg ….
Malas sekali, alarm jam berbunyi, pengen rasanya aku banting, tapi aku ingat hari ini janjian sama temen-temen kantor untuk jalan-jalan ke Taman Nasional Gunung Halimun, ahh dengan malas aku mandi dan memulai persiapan.

Jam 6 tepat aku dah nyampe Kantor Pemasaran Perumahan Graha Kalimas, beberapa temen dah berkumpul, tinggal 1 orang lagi dan akhirnya kami berangkat pukul 6.30 menuju rest area Sentul.

Tempat itu adalah meeting point 1, karena beberapa temen berangkat dari rumah dan Kantor Pusat PT. Adhi Realty. di Sentul kita makan nasi uduk 3000-an per bungkus, total peserta 23 orang diangkut dengan 5 mobil, 2 Innova, 1 kapsul, 1 kijang pickup, 1 apv

Kami menuju arah Sukabumi, di Parung Kuda belok kanan menuju Kabandungan. perjalanan ketika mendekati Kabandungan, kami disuguhi suasana perbukitan dan kebun teh sepanjang mata memandang.

Di Kabandungan kami harus melakukan regristrasi dulu di Kantor TNGH, disana kami bertemu dengan Pak Sartono seorang pegawai TNGH yang dulu sempat beberapa kali memandu kami melakukan trecking. pukul 10.00 kami melanjutkan perjalanan ke Stasiun Penelitian TNGH di Cikaniki, tempat Istirahat kami.

Jarak antara Kabandungan Cikaniki hanyalah 19 km, tapi waktu tempuhnya 2.5 jam, hampir sama dengan waktu tempuh Bekasi – Kabandungan. Diawali dengan jalanan beraspal tapi rusak berat, melawati area perumahan penduduk, sawah-sawah yang hijau, sungai dll. Tak lama kemudian jalanan mulai berbatu … , si ipah kepentok beberapa kali, itu karena saya nafsu sekali dalam mengemudikannya, jalannannya susah sementara mobil penuh dengan penumpang dan barang, sebab mobil pickup kami tinggal di Kabandungan.

Tanjakan dan kelokan berbatu yang besar-besar dapat kami lalui dengan asyik, AC kami matikan dan membuka jendela mobil agar dapat menikmati indahnya hutan dan kesegaran udara Halimun.

Hutan Tropis yang cukup khas, dengan bau udara yang khas, hemmm membuat sejuk hati ini, sejenak melupakan urusan duniawi.

Tiba di Stasiun Cikaniki pukul 12.30, wuih sebuah perjalanan off road yang melelahkan dan membuat kita semua lapeeerrr.
Langsung kami menyantap makanan, rendang hasil olahan koki kebanggan kami yang menyertai acara ini, Bapak Pulung (Manager Menara MTH), hehehehe. Lahap, makan bareng-bareng di teras rumah kayu, sumpah asyik tenan.

Temen-temen dah nafsu saja langsung trecking masuk hutan. Pengennya sih saat itu mau ke air terjun Cikudapae, jarak tempuh 4.5 km sekali jalan, jadi pulang pergi sekitar 9 km plus 1,5 km lagi klo kita langsung balik ke Cikaniki, jadi total 11 km, weleh, saya pernah trecking kesana dan 3 orang terkapar harus dorong dari belakang… beraaattt !

Tapi keinginan tinggalah keinginan, sang pemandu tidak mau mengantarkan kami, karena cuacanya kurang mendukung, hujan dan kemungkinan larut malam baru sampai (perkiraan perjalanan 5 jam). Untuk menuntaskan hasrat yang menggebu, kami berhujan-hujan ria menuju ke curug Macan, jaraknya sih dekat, cuman 800 m, tapi jalannya lumayan berat.

Malam hari, kembali kami makan-makan besar, ada sisa rendang siang hari, gulai kambing, ayam goreng … wah, seperti hajatan rasanya. Pesta makan, dilanjutkan dengan berbagai aktifitas, main kartu, ngobrol, dll. Tak teras malam dah larut, jam 1 dini hari kami menuju ke tempat tidur masing-masing.

Pukul 5 pagi dah berisik banget, ada yang sholat, masak, teriak-teriak … asyemmmm !
terpaksa bangun, mata masih berat ….

Bergantian kami mandi dan sarapan….. dilanjutkan dengan pemanasan ringan, senam kecil untuk peregangan otot. Setelah semua siyap, kami berangkat …..

Start point dari Desa Citalahap, kami diantar 3 mobil. Perjalanan yang dilalui dipenuhi dengan kebun teh yang dilatar belakangi hutan lindung, sangat indah. Yang belum kesana patut mencoba.

Kami awali perjalanan masuk hutan ini dengan berdoa. Perjalanan dipimpin oleh 2 orang pemandu dari TNGH, mereka cukup cekatan dalam membimbing kami. Bekal kami bawa masing-masing.

Didalam perjalanan kami harus melalui banyak sekali rintangan, tanjakan dan turunan yang cukup terjal, melintasi sungai, merayap, menaiki atau menerobos pohon tumbang dll. Perjalanan sangat menyenangkan karena semua ceria dan bergembira

Tujuan ke Curug Cikudapae akhirnya sampai juga, rasa letih terobati melihat keindahan air terjun tersebut, tidak kurang 5 orang langsung berenang mendekati air terjun tersebut.

Para wanitanya juga cukup tangguh, pertolongan hanya diberikan ketika melintasi tanjakan atau turunan yang cukup sulit, selebihnya … oklah, bahkan sampai ada yang sepatunya jebol (oalah Hen…, sekretaris direksi kok sepatunya jebol!)

Pemandangan di hutan sangatlah menakjubkan, hutan masih cukup asri dan tidak ada tangan-tangan jail yg mencuri pohon.

Wisata di TNGH yang kami lewatkan adalah, berjalan di Kanopi dan menikmati keindahan jamur yang menyala dimalam hari.

catatan : semua poto diambil dari K530i

share itShare on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestEmail this to someoneShare on TumblrShare on Google+



Copyright © 2014. All rights reserved.

Posted July 2, 2008 by Djoko Santoso in category "wisata

16 COMMENTS :

  1. By edy on

    hape sony ericsson emang keren!
    mas, ikutan lomba ngeblog dng innova?

  2. By deartha on

    cukup bagus hasilnya, sudut pengambilannya juga pas ,,,

    itu padahal cuma 2 mega aja yah tapi pas baget ,,,

  3. By esaf on

    SERU YA…! setelah ini K530i nya mau dibawa kemana lagi nih? foto bawah air bisa gak? 🙂

  4. By Djoko Santoso on

    Saf … Pulau Sepa jadi ya tanggal 19 Juli ? ada ide gak klo K530i untuk dibawa snorkling ? kekekekek

  5. By Tuhu on

    Wah makasih ya udah berbagi pengalamannya di lomba blog Kijang. Ditunggu karya yang lainnya. Tulisannya keren, apalagi foto-fotonya saluttt deh

  6. By Djoko Santoso on

    @ Om Tuhu … semoga dapat memenagkan perjalanan wisata ke Hongkong … hehehehe …. nuarsis

    @Om Edy, Thanks ya inpo lombanya,nanti klo menang saya kasih oleh-oleh balon dari Disneyland Hongkong … 😀

  7. By tutusnice on

    T.o.p.b.g.t…
    huh jadi binggung mau pilih Suka bumi apa ke djogja ya.. 🙂
    Jalurnya kelihatannya menantang mas..
    Salut buat perjalanannya..

  8. By djoko on

    @mas bro Tutus …. setelah menaklukkan dengan Kijang, sekarang mo sama Thunder Mas … tapi langsung diterusin menuju Bogor, jadi gak balik lagi …

  9. By yoki on

    mas Djoko..emang top dah..hari2mu
    selalu dipenuhi adventure dan adventure terus.. jadi ngiri nih..ngajak2 keq mas.
    mas itu lokasi kalo diterusin bisa tembus gunung bunder/hutan pinus cibatok yg kalo nongol2 di bogor..yah??

  10. By Djoko on

    @Mas Yoki, adventure? hehehehe, yang penting moving forward mas, :).
    Mau ikut mas, lihat di blog bekasi deh http://bekasi.thunder-125.org kita mo jalan ke halimun naik thunder mas … ayo serbu …..

  11. By aie on

    Wahh…mas keren bener yaa…fotonya juga keren–keren..

    salam kenal dari aie..

  12. By benicko on

    selamat atas N95nya ya mas djoko
    tidak sia-sia curhat di internet jadi bloger…

    sukses selalu buat TCI dan inova nya… 😀

  13. By djokosantoso on

    @Mas Benicko,
    Thanks Mas,
    TCI selalu sukses Mas …. apapun yang terjadi terus maju
    Bravo TCI

  14. By asep rusmana on

    duuuuuuuuuh
    kapan ya saya bisa balik ke kota kelahiran q n lihat-lihat pemandangan gunung??????

  15. By Anak Rantau on

    saya sangat bangga dan rindu pada kampung halamanku kabandungan terutama pada aki mamad dan keluarga besar FC Pasca.

  16. By sam on

    mas joko.bagus mas ulasannya
    minta no tlp pemandunya donk mas.
    thx

    sam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *