December 9

Accept or Leave it

Day 264/365 : No !!

“Menerima keadaan dengan Cinta dan Menggaulinya dengan sepenuh hati”

Di tahun 90-an ada sebuah film, Heaven and Earth. Sebuah film tentang perang vietnam. Yang saya sukai dalam film ini bukan karena peperangannya atau adegan tembak menembaknya, tetapi sisi kemanusiaannya dan banyak sekali hal hal mendasar bagaimana cara bertahan hidup (bukan dari si tentaranya).
Salah satu adegan yang paling saya ingat adalah ketika salah satu tokoh (wanita) rakyat vietnam yang sedang disiksa, diikat disebuah tiang dan bajunya dimasukin seekor ular. Pada awalnya wanita ini melakukan perlawanan terhadap kegelian dan kejijikannya terhadap ular ini, namun setelah tidak tahan, wanita ini menerima kegelian dan kejijikan, dan membayangkan hal indah lainnya, sehingga dia bisa “melalui” siksaan kegelian dan kejijikan ini.

Dalam perjalanan hidup kita, tidak semua kejadian, keadaan atau apapun selalu sesuai dengan keinginan kita. Hal ini terjadi baik didalam keluarga kita, kantor tempat kita mencari nafkah, komunitas kita ataupun dimanapun, bahkan ketika kita melakukan aktifitas yang kita sukaipun, ada kalanya kita tidak suka beberapa hal. Benar kan ?

Ok, sekarang yang penting bagaimana mengatasi hal ini agar kita bisa menikmatinya. Ternyata kata kuncinya adalah Accept. Kita terima saja.
Maksutnya ?
Sebagai contoh, ketika kita kedinginan karena diudara terbuka dan digunung (tentunya dalam batas2 tertentu), ketika kita melawan hawa dingin tersebut kita akan semakin kedinginan, coba “terima” hawa dingin ini sebagai sahabat jangan dilawan, terima saja, lambat laun kita akan melupakan dingin tersebut.
Saya di tahun 1997 an adalah penderita mag yang sangat parah, sampai 2 kali masuk rumah sakit. Mungkin buat yang pernah menderita, tau bagaimana rasa perih dilambung kita. Saya mencoba menerima rasa sakit ini menjadi sahabat saya dan saya “menerimanya”, ajaib, rasa yang sebelumnya teramat sangat sakitnya, berkurang, dan saya menjadi terbiasa dengan “rasa sakit ini”

Demikian pula dilingkungan kerja kita. Apakah keadaannya selalu sesuai dengan keinginan kita ? TIDAK. Apa yang harus dilakukan ? ACCEPT or Leave it. Sederhana kan. Kalau kita tidak mau keluar, ya terimalah keadaan ini sebagai hal biasa, dan “terimalah” keadaan ini sebagai sahabat kamu, gauli keadaan ini dengan rasa cinta, maka kita akan kembali nyaman dan yang terjadi adalah kinerja kita tetap terjaga, bahkan akan lebih baik.

Dalam rumah tangga kita, pasangan kita atau anak kita, dalam hal sifat, keadaan fisik, atau apapunlah, tidak selalu juga sesuai dengan yang kita inginkan, bahkan sebaliknya, mungkin ada yang tidak kita sukai. So what ? Kita mau Cerai ? Silahkan saja, tetap jalan tapi tetap tersiksa ? Ya silahkan saja. Yang harus dilakukan adalah “Accept”, menggauli keadaan dengan rasa cinta yang mendalam, yang akan kita dapatkan adalah kebahagiaan, Insyaallah.
Hai Ugi … Bella … Bara … Love you !!

Saya sebagai manusia biasa dan bukan malaikat, seringkali lupa juga akan hal ini, bahkan seringkali berlarut kejadiannya hingga saya terpuruk dalam sekali, tapi ketika menyadarinya saya kembali bangkit, kembali “menerima”, dan menggauli keadaan ini, sehingga saya merasa nyaman kembali, tersenyum kembali, berkarya kembali.

Apa Accept itu …. Yaelaaaahhhhhhhh ternyata adalah Rasa Syukur. 
Kenapa tidak saya pakai kata syukur ? Kita sudah biasa banget dinasehatin orang untuk bersyukur … Bersyukur … Bersukur …. Go to hell !!!! 
Sayaaaaaaa menolak nasehatmu … Bosan.

Haaa ? Ternyata saya melakukannya dengan cara yang lain … Accept, menerima keadaan apapun dengan cinta (anti pati saya pakai kata ikhlas, nanti klise lagi) dan menggaulinya dengan sepenuh hati.

Jadi yang akan membuat kalian bahagia cuma ada 2 pilihan : ACCEPT or LEAVE IT

share itShare on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestEmail this to someoneShare on TumblrShare on Google+



Copyright © 2014. All rights reserved.

Posted December 9, 2011 by djokosantoso in category "blog", "jurnalku", "Uncategorized

2 COMMENTS :

  1. By Kay on

    Hi, I do believe this is a great web site.
    I stumbledupon it 😉 I aam going too come back yet again since i havee
    book-marked it. Money and freedom is the best way to change,
    mayy you be rich and continue to guide others.

  2. By ss on

    Every weekend i used to pay a quick visit this web
    page, because i wish for enjoyment, since this this site conations truly good
    funny stuff too.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *